Rabu, 08 Desember 2010

PROSPEK USAHA JAHE


PROSPEK USAHA JAHE

Sampai sekarang belum dapat dipastikan dari mana asal  tanaman jahe. Jahe dicari dan diusahakan karena banyak manfaatnya. Rimpang jahe dapat digunakan sebagai penyedap makanan seperti bumbu dapur/bumbu masak, bahan industri minuman, parfum, makanan kecil dan obat-obatan. Secara tradisional jahe digunakan untuk obat beberapa jenis penyakit seperti kurang nafsu makan, kepala pusing, encok, batuk kering, masuk angin, bengkak-bengkak/gatal-gatal dan lain sebagainya. Jahe yang dipanen ketika masih berumur muda, dapat digunakan sebagai bahan baku makanan ringan, misalnya manisan, minuman dan berbagai jenis panganan lain karena tidak banyak seratnya.
Rimpang jahe mengandung 0,8 - 3,3% minyak atsiri dan ± 3 % oleoresin, atau tergantung kepada  jenis jahe yang bersangkutan. Adapun zat-zat  yang terkandung di dalam rimpang jahe antara lain vitamin A, B1, C, lemak, protein, pati damar, asam organic, oleoresin (ginggerin) dan minyak terbang (Zingeron, zingeral, zingeberol, zingiberin, borneol, sineol dan feladren).
Jahe merupakan komoditi ekspor baik dalam bentuk  jahe segar maupun jahe kering dan minyak jahe (ginger oil).
Resep Minuman dan Obat dari Jahe
Selain untuk komoditi yang mempunyai nilai jual/ekonomis, jahe juga dapat dengan mudah diolah untuk konsumsi pribadi maupun keluarga, sehingga sering dikatakan jahe sebagai tanaman pangan dan obat keluarga. Berikut ini akan diuraikan beberapa resep untuk membuat minuman dan obat dengan bahan utama jahe,

§  Minuman Jahe
Bahan :   0,5 kg jahe
1 kg gula putih
0,5 sendok teh garam  halus
Parutan (untuk memarut jahe)
Kuali (tempat untuk memasak)
Cara membuat
Jahe diparut sampai halus, kemudian dipanaskan dengan api yang sedang besarnya. Lalu tambahkan garam, dan setelah air jahe tinggal ½ (setengah) masukkan gula putih dan aduk sampai rata sambil terus dipanaskan dengan api yang sedang hingga campuran tadi berubah warna menjadi coklat dan kering. Angkat dan dinginkan, simpan dalam tempat/wadah tertutup. Minuman jahe dapat tahan lama jika disimpan dalam tempat yang kering. Setiap kali ingin meminumnya, 1 sendok makan dapat dicampur dengan satu gelas (250 Cc) air panas,  atau menurut selera. Juga dapat dicampur dengan minuman kopi, teh atau susu.
§  Obat Batuk 
Bahan :
*  1 ons jahe segar
*  10 batang daun sere (sangge sangge)
*  2 liter air
*  Gula merah secukupnya (menurut selera)
Cara membuat
Jahe dan daun sere dimemarkan lalu dimasak dengan air, setelah air tinggal 2/3 masukkan gula merah aduk sebentar hingga gula larut dan angkat. Diminum hangat-hangat setiap kali ingin minum.                                        



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Loading...
SELAMAT DATANG